Hot!

5 Jenis Usaha Kreatif Paling Diminati Orang Indonesia pada Tahun 2018

Kedai Kopi dengan berbagai design dan layanan adalah bisnis yang tumbuh pesat di Indonesia.

Jika zaman nenek-kakek kita dahulu orang berbondong-bondong bikin warung di depan rumah atau di kaki lima, sekarang generasi melenial dan generasi z Indonesia berlomba-lomba membuat idea bisnis kreatif yang paling menguntungkan.

Mereka memiliki pandangan dan cara sendiri dalam membangun berbisnis, sesuai dengan perkembngan zaman dan teknologi yang ada.  Jadi tak heran apabila baca koran, berita di internet  atau social media ada banyak jenis idea kreatif karya oleh anak muda Indonesia yang popular bahkan mendunia.   

Namun dari sejumlah idea kreatif tersebut, setidaknya ada 5 Jenis Usaha Kreatif Paling diminati di Indonesia, khususnya di kalangan anak muda berdasarkan pantauan Bizreview sejak setahun terakhir ini.

Nongkrong sambil minum kopi juga sudah menjadi gaya hidup masyarakat kelas menengah di Indonesia.
#1 Bisnis Kopi
Bak jamur di musim hujan, bisnis kopi di Indonesia tumbuh pesat dalam beberapa dekade terakhir ini.  Secara kasat mata anda dapat menyaksikan meningkatnya jumlah kedai kopi, warung kopi, kafe atau apa pun namanya di kota-kota di Indonesia, termasuk kota-kota kecil di kabupaten. Cara menyajikannya pun tidak lagi seperti warung kopi di kaki lima jaman kakek dan nenek kita, tetapi dengan berbagai cara yang kreatif, menarik dan unik.

Berdasarkan data  lembaga riset pasar Euromonitor, sebagaimana dikutip oleh tirto,  kedai kopi specialty dan kafe waralaba di Indonesia jumlahnya naik hingga 1.083 kedai di Indonesia. Sebagian besar ada di ibu kota negara Indonesia, Jakarta. Pertumbuhan penjualan kopi untuk konsumsi pribadi pun menurut Euromonitor pertumbuhannya mencapai 7 persen setahun dengan nilai perdagangan mencapai Rp11,9 triliun hingga 2020. 

Karena itu bisnis kopi menjadi salah satu jenis usaha yang paling diminati di Indonesia, selain juga menjadi trend  gaya hidup warga kelas menengah perkotaan di Indonesia.

Selfie pun orang menggunakan drone
#2 Jasa Rental Drone
Meski tak seramai bisnis kopi, tetapi jasa penyewaan drone di Indonesia, khususnya di kota-kota besar dan menengah di Indonesia juga mulai merebak. Antara lain karena ada kebutuhan penggunaan drone untuk mendokumentasikan event besar maupun kecil yang dilakukan oleh warga. Bahkan selfie pun pakai drone, karena sudah menjadi lifestyle.  Oleh sebab itu tak heran jika pasar drone di Indonesia meningkat antara 20 hingga 25 persen pertahun (data DJI Authorized Retail Store Pondok Indah Mal, 2017).

Tak hanya dari pihak drone mania, rata-rata para penyewa juga dari instansi pemerintah, perusahaan, ataupun developer yang memang membutuhkan drone untuk proyek pekerjaan mereka.
Karena itulah peluang usaha drone masih cukup menjanjikan di Indonesia, terutama bagi para peminat dan drone mania.

Bisnis  online dapat dilakukan kapan dan dimana saja
#3 Bisnis Online
Jenis usaha yang paling diminati berikutnya adalah bisnis berbasis internet atau bisnis online. Terutama jual beli online dengan berbagai variannya. Mulai dari menjadi penayang iklan di blog, vlogger, dropship,  jual tiket online, social media worker hingga punya toko online sendiri di Internet.

Dari data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dapat diketahui bahwa nilai investasi di sektor e-Commerce pada 2017 mencapai lebih dari US$ 5 miliar.  Dan dari 1000 responden di Indonesia yang pernah disurvei oleh Shopback, 83,1 persen responden mengaku pernah ke toko offline untuk melihat barang, tapi kemudian membelinya secara online. 70,2 persen mengaku keberadaan toko online telah memengaruhi pola belanja mereka dan membuat mereka lebih sering berbelanja online.

Printer 3D mulai menjamur di Indonesia
#4 Usaha Print 3 Dimensi
Bisnis kreatif lainnya yang digandrungi anak muda Indonesia adalah usaha Print 3 dimensi. Biasanya dicetak untuk souvenir, kaos, topi dan lain sebagainya. Siapa sajas bisa melakukannya asalkan memiliki printer khusus untuk membuat hasil print 3 dimensi. Bahkan menurut www. autotekno.sindonews.com  Industri  cetak 3 Dimensi ini diprediksi di pasar global pada 2020 bisa mencapai USD8,6 miliar atau sekitar Rp110,9 triliun (Rp111 triliun).

Karena itu tentu saja peluang bisnis ini banyak diminati dari berbagai kalangan, terutama kalangan anak muda yang sudah melek teknologi.

#5 Industri Game dan Gamers
Satu lagi bisnis kreatif yang banyak dilakoni generasi milenial di Indonesia adalah bisnis di industri game. Menurut hasil riset Newzoo, pemain game mobile di Asia Tenggara menghasilkan pendapatan tidak kurang dari USD1,4 miliar (Rp18,7 triliun) sepanjang tahun 2016 silam. Angka ini diprediksi akan terus naik hingga USD4 miliar (Rp53,6 triliun) tahun 2019 mendatang. Ini tentu dipacu kelahiran generasi z yang hobi main game. Bahkan Indonesia adalah salah satu yang jumlah gamers terbanyak di kawasan Asia Tenggara dengan jumlah gamer 20 sampai 40 juta (https://inet.detik.com). Sejumlah survey bahkan mendudukan Indonesia di peringkat 4 dunia sebagai negara yang paling banyak gamer-nya, setelah Cina, Amerika dan Korea.

Nah, demikianlah 5 jenis usaha kreatif yang paling banyak diminati di Indonesia versi Bizreview. Silahkan anda pilih sendiri bidang mana yang akan anda tekuni sebagai bisnis anda.

0 comments:

Posting Komentar