Hot!

Agar Mudik Anda Tetap Asik, Anda harus Melakukan 7 Persiapan Ini

Pilih kendaraan yang tepat untuk anda tumpangi saat mudik lebaran. Dok
Bagi mereka yang bekerja di luar kota, maka moment lebaran adalah saat yang paling tepat untuk break sejenak dari pekerjaan dan pulang ke kampung halaman untuk merayakan mudik lebaran bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

Tetapi karena setiap kali lebaran, orang yang pengen pulang bukan hanya anda, tetapi ada ribuan bahkan jutaan manusia dalam waktu yang sama bergerak, maka anda bisa bayangkan betapa ramai dan ribetnya. Apalagi kalau perjalananya jauh, jalan yang ditempuh padat, waktu yang dibutuhkan juga lama, wah bisa  terbayang jika Anda sama sekali tak melakukan persiapan untuk menghadapi situasi tersebut.

Karena itu kami akan memberikan 7 tips  yang harus anda lakukan untuk mudik lebaran agar perjalanan anda lancer dan selamat sampasi tujuan.


#1 Fisik dan psikologis
Sebelum persiapan yang lainnya, yang utama sebelum Anda mudik adalah persiapan fisik dan psikologis. Mengapa? Kalau fisik dam psikologis anda sedang terganggu, bukan bahagia yang anda peroleh saat mudik lebaran tapi malah musibah. Jika anda nyetir sendiri dalam keadaan depresi berat atau sakit malah bisa membahayakan Anda, keluarga Anda dan penumpang lain. Atau bagaimana jika anda sedang sakit, eh malah terjebak di perjalanan yang macet? Untuk itu kami sarankan lebih baik anda ke klinik dan berobat terlebih dahulu sebelum mudik, makan makanan yang bergizi dan vitamin secara tertarut.
Bawa barang secukupnya, termasuk uang. Dok

#2 Uang tunai secukupnya
Untuk memudahkan anda selama perjalanan, bawalah uang tunai secukupnya, yaitu untuk keperluan makan dan minum selama perjalanan. Membawa uang tunai terlalu banyak akan beresiko hilang. Bisa karena tercecer, dicuri atau karena musibah di perjalanan yang tentu tak kita inginkan.

#3  Pesan tiket Mudik
Bagi yang mudik menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta, pesawat atau kendaraan lainnya sebaiknya anda segera membeli tiket mudik jauh-jauh hari, sebelumnya. Karena apabila anda telat membeli tiket lebih awal, bukan saja harga tiket akan melonjak mahal, tetapi juga bisa-bisa anda tidak kebagian tiket mudik. Kami sarankan untuk anda membeli tiket mudik untuk pulang dan pergi sekaligus. Selengkapnya silahkan membaca tips Cara Cepat Pesan Tiket Mudik Lebaran

Kendaraan yang digunakan mudik harus benar-benar prima. Dok
#4 Kondisi kendaraan prima
Bagi yang mudik menggunakan kendaraan sendiri, baik mobil maupun sepeda motor, pastikan kendaraan Anda sudah dalam keadaan prima.  Untuk memastikannya, tentu anda haris ke bengkel resmi. Pehatikan kondisi kendaraan yang akan anda gunanakan mudik. Mulai dari surat-surat kendaraan, sistem, sistem pengapian, sampai air conditioner (AC), pengereman, sistem pendinginan mesin agar anda dan keluarga aman dan nyaman selama perjalanan.

#5 Peralatan darurat
Sekali lagi untuk yang mudik menggunakan kendaraan sendiri,  jangan lupa menyiapkan berbagai perlengkapan darurat di dalam kabin. Antara lain buku manual, toolkit, kunci ban, segitiga pengaman, dongkrak, kotak P3K, dan sekring. Atau lebih detil lagi anda bisa membaca artikel Apa Saja Perlengkapan Darurat untuk Mobil

#6 Peta atau Map
Bagi penumpang kendaraan umum tentu tak perlu lagi membawa peta, tetapi bagi yang mudik menggunakan kendaraan pribadi hal wajib yang anda bawa adalah map atau peta. Sebab jika tidak anda bisa nyasar kemana-mana. Namun jaman sekarang tentu saja anda tak harus lagi membeli peta di toko buku, karena era digital Anda cukup buka handphone cari apliksi google map atau waze untuk membantu mengarahkan anda selama dalam perjalanan. Jika ada yang memiki GPS (global positioning system) juga sangat bagus.  Kalau anda mudik menggunakan kendaraan keluaran Toyota biasanya sudah dilengkapi dengan fitur (GPS) pada beberapa jajaran produknya seperti Alphard, Altis, Camry, Fortuner, dan Innova.

Jangan lupa berdoa sebelum berangkat mudik lebaran. Dok
#7 Jangan lupa berdoa sebelum mudik
Di jaman modern ini banyak orang melupakan doa. Kelihatannya sepele, tetapi doa yang diajarkan oleh semua agama bukanlah sekadar kelengkapan ibadah. Menurut hasil penelitian, doa  bisa membantu menurunkan stress, meningkatkan pengendalian diri, meningkatkan hormone kebahagiaan, termasuk mengurangi rasa sakit. Menurut Dr. Herbert Benson, pakar kardiovaskular pada Harvard Merdical School, orang yang berdoa akan mengalami "relaxation response" . Metabolisme tubuhnya akan menurun, detak jantung melambat, tekanan darah menurun dan nafas menjadi lebih tenang sehingga gelombang otak juga turut melambat dan menciptakan ketenangan pikiran. Studi yang dilakukan Department Psikologi di Saarland University dan University of Mannheim, Jerman tahun 2011 mencatat bahwa doa juga dapat mencegah kelelahan mental. Nah, berdoalah sebelum mudik ya…

0 comments:

Posting Komentar