Hot!

Ini dia 10 Kopi Terbaik di Indonesia 2019


Tidak salah jika Indonesia dijuluki surga kopi dunia. Selain kualitas kopinya yang sudah terkenal ke seluruh manca negara, juga karena memang tanahnya yang subur, tempat habitat kopi ini tumbuh sejak di perkenalkan pemerintah kolonial di wilayah hindia belanda saat itu.

Berikut adalah 10 jenis kopi terbaik di Indonesia versi indo Coffee Review yang layak anda coba, selain kopi Luwak yang memang sudah sangat dikenal di Amerika, Inggris, dan Korea.  Berikut adalah ke 10 jenis koppi terbaik di Indonesia yang dimaksud.

#Kopi Toratima, yaitu kopi organik yang dihasilkan oleh petani kopi tradisional dari wilayah Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Kopi ini diprediksi akan menyaingi kopi luak, karena rasa dan reputasinya.  Yang membedakannya adalah, hewan yang memamah biiji kopinya bukan hewan Luwak, tetapi oleh Kelelawar, tikus hutan, kera dan tupai yang hidup endemic di hutan Sulawesi Selatan.  Selengkapnya mengenai kopi ini silahkan baca mengenai Kopi Toratima Penantang Kopi Luwak

#Kopi Kahanyya, yaitu kopi kopi yang hanya tumbuh di Desa Kahayya, Kabupaten Bulu Kumba, Sulswesi Selatan.  Kopi kahaya juga adalah kopi organic, yang tumbuh di bekas letusan gunung api purba sekitar 20.000 tahun yang lalu, diatas ketinggian 800-1800 mdpl. Produk kopi ini juga dilengkapi system informasi green product tracking (GPT)  sehingga anda tahu keaslian dan asal usul produk, serta bagaimana penglolaannya oleh komunitas. Produksi kopi Kahayya kini telah mencapai 350 ton biji per tahun.

#Kopi Arang,   yaitu kopi yang diproduksi di daerah Jember, Proinsi Jawa Timur. Disebut kopi arang karena proses pembuatanya  yang unik, yaitu biji kopi digosongkan terlebih dahulu hingga menjadi seperti arang dan menimbulkan aroma  yang unik. Saat diseduh dengan ari panas, akan keluar aroma seperti bau cabe. Baca selengkapnya

0 comments:

Posting Komentar